Saturday, April 4, 2009

Education nowadays...

Beberapa jam lalu gw baru sms temen2 gw untuk menanyakan result dari SIMAK-UI yg mrk ikutin tgl 1 maret '09. Beberapa hamdalah lulus. Beberapa belum kali ini, better luck next time ya sob =3

Gw nggak abis pikir dgn isi otak para orang dewasa yang menjadi dalang dibalik pelaksanaan UM sebelum UN (fyi, gw bru akn face the written examination of UGM besok). Bahkan ada 2 univ yg bertabrakan. Sampe2 seorang temen mesti ngelepas salah satu, padahal itu ajja baru pendaftaran n test. Mau pintar kok repot?

PTN sekarang ini nggak ada bedanya dengan private university. PTN cuma menang di prestige aja. Bangganya itu loh jadi mahasiswa berjaket ini, itu, anu, ono. Selebihnya? Nol besar. Mahalnya sama dgn swasta. Bahkan ada yg lebih mahal. Kalo kayak gini, lama2 pendidikan jadi kebutuhan tersier. Mewah. Bahkan ada univ yang menerapkan kebijakan paket2an. Wooi! Kita mau belajar, bkn makan di mcdo*ald! Yang paket murah lolosnya susah. Yang gampang tembus maen mahal2an. Sekalian aja om, tante diwaralabain universitasnya. Biar untungnya lebih besar. Mau pintar kok mahal?

I'm not tryin to be cynical. Taapii, bener deh coba dipikir. Gimana bisa kita punya SDM bermutu dengan pendidikan yg nggak terjangkau. STM dan SMK digembar-gemborin. Dgn keahlian tetap ajja mereka nggak dijadiin tenaga ahli. Lulusan STM dan SMK yg ngotot langsung kerja nggak akan lebih dari skedar tenaga kerja terampil. Bahasa kasarnya pembantu. Bawahan. Indonesia ini negara berkembang, Bos. Pendapatan perkapita masih rata2. Angka buta huruf masih banyak. Dan, yang miskin sangat banyak! Gimana bisa mereka yg miskin dpt pendidikan yang LAYAK kalo buat makan ajja susah. Eh masi diberatin dgn biaya yg mahal untuk pintar. Tolonglah pak dingertiin. Para org miskin itu nggak akan bisa mengalami mobilitas vertikal naik kalo sarana mobilitasnya ajja nggak terbeli oleh mereka. Bisa2 yg bapaknya petani anaknya tetap petani, yg bapaknya supir angkot anaknya tetap supir angkot. Dan negara kita tetap akan penuh dengan tunawisma bahkan tetap dilabeli berkembang sampai seribu tahun lagi. Dmana negara2 yg skrg sederajat dgn kita, udah jadi negara maju dan yg skrg udah maju, udah bikin peradaban baru di bulan.

Quote : You are what you think!

No comments:

Post a Comment